Sabtu, 17 September 2016

Contoh 5 hal Positif di dalam Game



Akhir-akhir ini banyak beredar tentang kabar buruk tentang game. Banyak sekali yang mengatakan “ Pelarangan game beredar di indonesia ”. Dan seaindanya kalian tahu, bahwa banyak sekali developer – developer game Indonesia mengikuti kompetisi – kompetisi international dalam cabang Game developer untuk mengangkat nama indonesia dan bukan itu saja banyak developer mengkat citra Indonesia sebagai produsen game bukan sebagai konsumen.
Oleh karena itu saya akan membahas beberapa hal positif dalam game jika kita bisa memainkannya dengan bijak :
      1.      Game bermanfaat untuk melaith kemampuan berfikir
Game memiliki manfaat untuk melatih kemampuan berfikir. Ada berapa hal – hal yang membuat game sangat membantu dalam mengembangkan kepribadian seorang user game seperti leadership, tanggung jawab. Game juga sebuah sarana untuk mengembangkan kemampuan user dalam mengontrol dan mengolah suatu perekonomian dalam game untuk di aplikasikan dalam dunia nyata. Kerjasama merupakan hal terpenting dalam game karena sebagian besar game yang popular membutuhkan kerjasama tim contohnya Dota 2, League of legend dan Counter Strike. Dari game seseorang juga mendapatkan manfaat yaitu kemampuan untuk berfikir lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan suatu permasalahan karena didalam game bergenre strategi, pemain dituntut untuk merancang taktik bertahan / menyerang lawan melalui informasi – informasi yang dia dapat dari lawan ataupun teman (team). bukan hanya melalui informasi tetapi dibutuhkan timing yang bagus dan tepat untuk melancarkan strategi tersebut. Setelah kita dapat merancang strategi yang bagus, player membutuhkan satu skill yang sangat penting yaitu refleks. Refleks disini sangat dibutuhkan karena kondisi – kondisi tak terduga sangat sering muncul pada game MOBA GAME. Sehingga orang yang sering main game bergenre MOBA biasanya dia sangat sensitif terhadap hal – hal sekitarnya. Game juga melatih rasa kepekaan sesorang terhadap hal – hal yang disekitarnya terutama pada dunia game karena setiap game memiliki tingkatan/kesulitan game yang berbeda sehingga user harus pandai – pandai beradaptasi terhadap lingkungan termasuk juga peka dalam saling tolong menolong saat user dalam game kesulitan. Dan seharusnya dari bermain game sesorang juga akan menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Dan sangat banyak orang sangat terlatih dalam memilih solusi dalam suatu permasalahan karena pengalamannya dalam game untuk memprediksi dampak dari setiap solusi yang dipilih. Dan tidak lupa banyak gamer yang bergantung juga pada keberuntungan.
      2.      Meningkatkan kemampuan berbahasa asing secara tidak sadar
Pada tahun ini banyak sekali game asing yang telah dipublish oleh para developer – developer dengan ketertarikannya sendiri. Banyak dari pemain secara terpaksa bermain game tersebut meskipun tidak mengerti bahasa dari game tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan setiap player akan belajar sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, jika seseorang semakin tertarik dengan game dan ingin selalu bermain maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mengerti apa maksud dari setiap petunjuk tersebut. Sehingga dimungkinkan akan ada pembelajaran bahasa asing melalui game maupun review game khususnya game yang berbahasa inggris karena saat ini bahasa inggris merupaka bahasa international. Beberapa hal yang didapat dari game adalah cara berkomunikasi terhadap teman didalam game Asing contohnya Dota 2. Jika kita bermain dota 2 maka komunikasi team merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kemenangan. Dota 2 merupakan game yang dimainkan oleh masyarakat international tidak menutup kemungkinan setiap player akan berkomunikasi lewat bahasa asing. Dari hal itu player akan sedikit mengerti dan bahkan akan mengerti secara terperinci penggunaan tata bahasa dalam bahasa inggris, kosa kata baru, budaya, logat, dan lain – lain.
3.      Game membuat pemain seperti pemimpin
Pada jaman sekarang yang modern ini banyak sekali developer game membuat game yang sangat kompleks seperti halnya kehidupan sehari  hari manusia yang disebut game simulasi. Contohnya pada game president simulator, game ini memiliki tujuan yaitu untuk memimpin warganya. Sehingga game ini sangat mendukung untuk melatih player dalam mengkontrol politik, ekonomi dan rakyat meskipun tidak menjamin bisa direalisasikan di dunia nyata :D. Dan apabila pada game terdapat suatu player sebagai pemimpin maka player tersbut harus mempunyai pengaruh yang besar agar dapat memprovokasi dan mengatur jalannya game yang adil.
      4.      Sebuah saran relaksasi dan Berkompetisi
Saat bermain game, banyak sekali alasan – alasan dari seseorang untuk bermain game. Sebagian besar orang bermain game untuk melupakan permasalahan – permasalahan di dunia nyata.  Tetapi mengesampingkan alasan tadi, banyak sekali gamers yang pro mengatakan dia bermain game merupakan sebagai pekerjaan. Mengapa ? karena banyak sekali turnamen – turnamen game international. Tidak tanggung – tanggung saja total hadiah dari tournament dota 2 ( TI6 ) sebanyak $20,770,460. Bukan hanya dota 2 saja melainkan CSGO, LOL dan lain - lain. Sehigga banyak sekali organisasi E-Sport yang berdiri untuk meraup keuntungan di berbagai tournament game. Dan seperti halnya pada sepak bola, E-sport pun memungkinkan untuk terjadinya pertukaran pemain. Dan banyak sekali sponsor – sponsor besar terikat dengan organisai dan turnamen.

     5.     Beralih dari dunia nyata
Game merupaka sarana yang menarik untuk menjadi orang lain dengan peran baru dan mencoba kepribadian baru, hal ini sangat menguntungkan karena seseorang tersebut dapat menemukan jati diriyang sebenernya. Dan masih banyak hal – hal yang menarik yang bisa didapat seperti kebebasan dalam melakukan suatu hal dan jangan khawatir akan kesalahan dalam bertindak / mengambil keputusan karena game mempunyai tombol khusus yaitu tombol restart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar